Halo Sahabat, hari ini adalah hari kedua Coaching PembaTIK Level 4 Tahun 2021. Hari ini akan ada pemaparan materi dan diskusi kelompok. Coaching hari ini di awali dengan pemaparan beberapa materi di room utama, dilanjut dengan Brainstorming Kelompok di Breakout Room dan diakhiri dengan penugasan untuk Rencana Tindak Lanjut yang akan dipresentasikan oleh masing-asing kelompok dan individu untuk besok.
Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi "Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial" oleh Bapak Marudut Sidebang.
Kegiatan dilanjutkan ke Breakout Room untuk setiap kelompok. Namun sebelumnya, Duta Rumah Belajar Tahun 2021menentukan tema sosialisasi, "Sumut Bermartabat Berkolaborasi dan Berbagi di Rumah Belajar" yang disingkat dengan manis dan menarik menjadi "Sumber Boba Rumbel".
Kemudian kami melanjutkan kegiatan Brainstorming Kelompok di Breakout Room. Saya dan teman SRB satu kelompok berdiskusi bersama untuk menentukan sub tema untuk kegiatan sosialisasi Portal Rumah Belajar. Tidak berapa lama, kami akhirnya menemukan sub tema untuk sosialisasi oleh SRB Kelompok IV yang dikaitkan dengan kearifan lokal budaya di Sumatera Utara yaitu "Pakkema Rumbel" (Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan Bersama Rumah Belajar). Pakkema Rumbel memiliki makna "pakailah rumbel". Pakkema ini juga memiliki makna gunakan dengan gratis, tidak perlu sungkan menggunakannya sesuka hati, sebab itu gratis. Tidak ada yang ditakutkan atau dikhawatirkan, aman digunakan.
Kelompok IV ingin menekankan bahwa kita tidak perlu takut menggunakan Portal Rumah Belajar ini sebab ini gratis, tidak perlu membayar. Jadi di dalam ungkapan 'Pakkema" ini ada makna mengajak dan merekomendasikan sebab gratis, aman dan bermanfaat.
Dengan bimbingan Tim Tutor maka kami akan mempersiapkan presentasi berisi Rencana Tindak Lanjut Sosialisasi Portal Rumah Belajar.
Setelah sepakat dengan hasil dan pembagian tugas untuk persiapan presentasi, waktu untuk sesi brainstorming selesai dan kami harus bergabung kembali ke Room Utama untuk menutup coaching hari ini.
No comments:
Post a Comment